Kamis, 05 September 2024

Hubungan Konfigurasi Elektron dengan Sistem Periodik Unsur - Penjelasan Lengkap dan Contoh Soal

Hubungan Konfigurasi Elektron dengan Sistem Periodik Unsur - Penjelasan Lengkap dan Contoh Soal

Hubungan Konfigurasi Elektron dengan Sistem Periodik Unsur

Konfigurasi elektron adalah cara elektron tersusun dalam kulit-kulit atom. Elektron mengisi kulit-kulit berdasarkan aturan Aufbau, yaitu dimulai dari energi terendah ke energi tertinggi. Hubungan antara konfigurasi elektron dengan sistem periodik unsur membantu dalam penentuan periode dan golongan suatu unsur.

1. Penentuan Periode

Periode dalam tabel periodik menunjukkan jumlah kulit yang digunakan oleh elektron. Untuk menentukan periode suatu unsur, kita melihat nomor kulit terakhir yang ditempati elektron pada konfigurasi elektronnya. Contohnya:

Magnesium (Mg):
Konfigurasi elektron: 1s² 2s² 2p⁶ 3s². Elektron terakhir berada di kulit ke-3, sehingga Mg berada di periode 3.

2. Penentuan Golongan

Golongan menunjukkan jumlah elektron valensi (elektron pada kulit terluar). Golongan utama (IA - VIIIA) berhubungan dengan jumlah elektron valensi. Contoh:

Magnesium (Mg):
Konfigurasi elektron: 1s² 2s² 2p⁶ 3s². Elektron valensinya 2 (3s²), sehingga Mg berada di golongan IIA.

Contoh Soal dan Pembahasan

Soal 1

Tentukan periode dan golongan dari unsur dengan konfigurasi elektron 1s² 2s² 2p⁶ 3s² 3p⁵.

Pembahasan:
Konfigurasi elektron unsur tersebut adalah 1s² 2s² 2p⁶ 3s² 3p⁵. Elektron terakhir berada di kulit ke-3 (n=3), sehingga unsur ini berada di periode 3. Elektron valensinya ada dua di subkulit 3s² dan ada lima di subkulit 3p⁵, sehingga unsur ini berada di golongan VIIA. Unsur dengan konfigurasi ini adalah klorin (Cl).

Soal 2

Suatu unsur memiliki konfigurasi elektron 1s² 2s² 2p⁶ 3s² 3p⁶ 4s¹. Tentukan periode dan golongannya.

Pembahasan:
Konfigurasi elektron unsur ini menunjukkan bahwa elektron terakhir berada di kulit ke-4 (n=4), sehingga unsur ini berada di periode 4. Elektron valensinya hanya satu di subkulit 4s¹, sehingga unsur ini berada di golongan IA. Unsur dengan konfigurasi ini adalah kalium (K).

Soal 3

Tentukan periode dan golongan dari unsur dengan konfigurasi elektron 1s² 2s² 2p⁶ 3s² 3p⁶ 3d¹⁰ 4s² 4p¹.

Pembahasan:
Elektron terakhir berada di kulit ke-4 (n=4), sehingga unsur ini berada di periode 4. Elektron valensinya ada 3 di subkulit 4s² 4p¹, sehingga unsur ini berada di golongan IIIA. Unsur dengan konfigurasi ini adalah galium (Ga).

Soal 4

Suatu unsur memiliki konfigurasi elektron 1s² 2s² 2p⁶ 3s² 3p⁶ 4s² 3d¹⁰. Tentukan periode dan golongan unsur tersebut.

Pembahasan:
Elektron terakhir berada di kulit ke-4 (n=4), sehingga unsur ini berada di periode 4. Elektron valensinya berada di subkulit 4s² 3d¹⁰, sehingga unsur ini berada di golongan IIB. Unsur dengan konfigurasi ini adalah seng (Zn).

Soal 5

Unsur dengan konfigurasi elektron [Ar] 3d⁵ 4s² terletak pada periode dan golongan berapa?

Pembahasan:
Elektron terakhir berada di kulit ke-4 (n=4), sehingga unsur ini berada di periode 4. Elektron valensinya ada lima di subkulit 3d⁵ dan dua di subkulit 4s², sehingga unsur ini berada di golongan VIIB. Unsur dengan konfigurasi ini adalah mangan (Mn).

Soal 6

Tentukan periode dan golongan dari unsur dengan konfigurasi elektron [Kr] 4d¹⁰ 5s² 5p⁵.

Pembahasan:
Elektron terakhir berada di kulit ke-5 (n=5), sehingga unsur ini berada di periode 5. Elektron valensinya ada dua di subkulit 5s² dan lima di subkulit 5p⁵, sehingga unsur ini berada di golongan VIIA. Unsur dengan konfigurasi ini adalah iodin (I).

Soal 7

Suatu unsur memiliki konfigurasi elektron [Ne] 3s² 3p¹. Tentukan periode dan golongannya.

Pembahasan:
Elektron terakhir berada di kulit ke-3 (n=3), sehingga unsur ini berada di periode 3. Elektron valensinya ada dua di subkulit 3s² dan satu di subkulit 3p¹, sehingga unsur ini berada di golongan IIIA. Unsur dengan konfigurasi ini adalah aluminium (Al).

Soal 8

Unsur dengan konfigurasi elektron [Xe] 4f¹⁴ 5d¹⁰ 6s² 6p² terletak pada periode dan golongan berapa?

Pembahasan:
Elektron terakhir berada di kulit ke-6 (n=6), sehingga unsur ini berada di periode 6. Elektron valensinya ada dua di subkulit 6s² dan dua di subkulit 6p², sehingga unsur ini berada di golongan IVA. Unsur dengan konfigurasi ini adalah timbal (Pb).

© 2024 Blog Kimia | Cerdas Bersama Kimia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar